Blog Komunitas Pasar Modal

Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Blog Komunitas Pasar Modal - Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Pasar Modal yang Efisien

 Yudhistira Nurnugroho

21209801

2eb19

Pengertian “pasar modal yang efisien” telah digunakan dalam beberapa konteks untuk menjabarkan karateristik operasi pasar modal. Ada perbedaan antara pasar yang efisien secara operasional (efisiensi secara internal) dan pasar modal yang efisien dalam penetapan harga (efisien secara eksternal). Dalam pasar yang efisien operasinya, para investor dapat memperoleh jasa transaksi yang mencerminkan biaya nyata yang berhubungan dengan meningkatkan jasa-jasa tersebut.

Effisiensi penetapan harga mengacu pada pasar dimana harga-harga pada segala

Waktu sepenuhnya mencerminkan semua informasi yang tersedia yang sesuai dengan penilaian sekuritas.

EFFISIENSI PASAR

Suatu pasar efisien (yang sempurna) adalah pasar tempat setiap harga sekuritas sama dengan nilai investasi sepanjang waktu.

Artinya, setiap sekuritas dijual pada harga yang wajar setiap waktu. Setiap usaha untuk mengidentifikasikan kesalahan harga sekuritas adalah usaha yang sia-sia.

· Perumusan Pengujian Empiris

Pengujian efisiensi penetapan harga menyelidiki apakah mungkin untuk menhasilkan pengembalian yang tidak normal. Pengembalian abnormal didefinisikan sebagai perbedaan antara pengembalian aktual dan pengembalian yang diharapkan dalam strategi investasi. Pengembalian yang diharapkan yang digunakan adalah dari CAPM atau dari model yang menghasilkan pengembalian seperti model pasar.

· Pengujian untuk Bentuk Efisiensi Pasar Lemah

Pengujian bentuk lemah dari efisiensi penetapan harga apakah satu atau lebih dari hal berikut dapat digunakan untuk memproyeksikan harga-harga dimasa mendatang dengan cara seperti untuk menghasilkan pengembalian abnormal positif:

1. Aturan-aturan mekanis seperti pola pergerakan harga dan volume perdagangan.

2. Reaksi yang berlebihan, yang mengindikasikan reaksi yang berlebih dari para investor.

1. Aturan Mekanis. Aturan mekanis adalah dimana tidak ada pertimbangan yang diberikan terhadap factor yang lain dari indicator tehnis yang disebutkan. Aturan mekanis dilakukan oleh peserta pasar yang biasanya disebut sebagai analis teknis atau chartist.

2. Reaksi yang berlebih. Untuk mendapat keuntungan dari berita-berita yang diinginkan atau untuk mengurangi hasil yang bertentangan dari berita-berita yang tidak diinginkan, para investor harus bereaksi secara cepat terhadap informasi baru. Hipotesis reaksi yang berlebihan menyatakan agar ketika para investor bereaksi terhadap berita-berita yang tidak diantisipasi yang akan menguntungkan saham suatu perusahaan, peningkatan harga akan lebih besar daripada yang seharusnya diberikan informasi tersebut.

· Pengujian Bentuk Efisiensi Penetapan Harga Semikuat

Ada penelitian-penelitian yang menyarankan bahwa para investor yang memilih saham dengan dasar analisis sekuritas mendasar.

· Pengujian Bentuk Efisiensi Penetapan Harga Kuat

Pengujian empiris tentang bentuk efisiensi penetapan harga kuat terbagi menjadi dua kelompok: penelitian terhadap kinerja manajer keuangan professional dan penelitian terhadap aktivitas “orang dalam” (individu-individu yang menjadi direktur perusahaan, pemegang saham utama)

· Implikasi Melakukan Investasi dalam Saham Biasa

Strategi investasi saham biasa dapat diklasifikasi menjadi strategi aktif dan strategi pasif. Strategi aktif adalah strategi yang mencoba untuk menguasai pasar dengan satu atau lebih hal berikut: waktu pemilihan transaksi, seperti salam kasus analisis teknis; pengidentifikasian analisis sekuritas; atau memilih saham-saham menurut salah satu dari penyimpangan pasar.

Category: Lomba 2010, P
  • anthonius ledoh says:

    saya adalah calon mahasiswa baru UG angkatan 2013, sy ingin bergabung dgn komunitas pasar modal univ gunadarma, aapakah ada syarat khusus, sy akan mengikuti kuliah di kampus J kalimalang {fakultas ekonomi – S1 manajemen}

    August 31, 2013 at 7:28 pm
  • anton ldh says:

    Selamat sore,
    mau tanya, jika ingin bergabung dengan komunitas pasar modal UG bagaimana caranya?
    terimakasih

    September 30, 2013 at 5:45 pm
  • ANTHONIUS LEDOH says:

    bagaimana caranya untuk berbagung dengan komunitas pasar modal.
    terimakasih

    October 26, 2013 at 10:56 pm
  • Winda says:

    Terima kasih infonya.

    February 4, 2014 at 9:10 am
  • nayla says:

    ilmu ekonomi itu mudah jika kita bisa mendalaminya

    April 30, 2014 at 4:14 pm
  • willy ginanjar says:

    terima kasih sangat berguna artikel ya bagi saya

    June 29, 2014 at 7:34 am
  • widiyanto says:

    kalo untuk saham berjangka ada yang minat ndak????sekedar share boleh ya….hehehehehehe

    July 3, 2014 at 3:26 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*