Blog Komunitas Pasar Modal

Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Blog Komunitas Pasar Modal - Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Pasar Modal 2012, Investor Domestik ditargetkan 2,3 Juta Orang

T Bursa Efek Indonesia menargetkan jumlah investor domestik pada 2012 mencapai satu persen dari jumlah penduduk Indonesia, atau 2,3 juta orang.
Diharapkan jumlah investor domestik di pasar saham Indonesia lebih banyak ketimbang investor asing. Dengan demikian, pasar saham Indonesia akan lebih stabil “Sekarang jumlah investor domestik masih sedikit sekali, belum sampai satu persen dari penduduk Indonesia. Sebaliknya, 67 persen kepemilikan saham di pasar modal Indonesia adalah investor asing,\” tutur Direktur Bursa Efek Indonesia Friderica Widyasari Dewi seusai peluncuran Kompetisi Nasional Pasar Modal 2011 di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Kamis (21/10).
Untuk mendorong peningkatan investor domestik ini dilakukan komunikasi marketing yang terintegrasi. Komunikasi marketing ke masyarakat menjangkau para profesional, ibu rumah tangga, sampai pelajar dan mahasiswa. Untuk masyarakat, sudah dibuka pusat informasi pasar modal di 14 kota di Indonesia dan 60 Pojok BEI di berbagai kampus di Indonesia.
Pemahaman tentang pasar modal dan investasi akan diberikan ke anak-anak mulai taman kanak-kanak sampai SMA. Mulai November 2010, pembelajaran akan disampaikan kepada anak TK, kelas 1, 3, dan 6 SD, serta siswa SMP di sekitar 20 sekolah di Jakarta.
Buku \”Finance for Kids\” juga disiapkan. \”Untuk anak TK, tentu pembelajaran akan dimulai dari konsep uang, menabung, baru ke pasar modal. Semakin dini masyarakat memahami pasar modal, semakin banyak investor domestik seperti terjadi di Korea,\” tutur Friderica yang lebih sering dipanggil Kiki.
Desember 2010, PT Bursa Efek Indonesia akan diadakan olimpiade pasar modal nasional untuk siswa SMA. Kompetisi yang memacu pemahaman siswa tentang pasar modal ini akan dilakukan setiap tahun. Karenanya, Friderica mengapresiasi juga Kompetisi Nasional Pasar Modal 2011 yang dimulai 21 Oktober 2010. KNPM 2011 diadakan dengan kerja sama UKWMS, PT Indostock ITHO, dan PT BEI. Kompetisi ini pertama kali dilangsungkan pada 2003.
Untuk kriteria kompetisi investasi saham online, kata ketua panitia KNPM 2010 Siprianus S Sina, mahasiswa selama enam bulan berlatih dan menjalankan investasi saham. Secara virtual, setiap mahasiswa mendapatkan modal Rp 100 juta dan besaran keuntungan atau kerugian akan menjadi salah satu kriteria penilaian.
Kompetisi investasi saham online ini diikuti mahasiswa di 14 kota, di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. Selanjutnya, 10 peserta terbaik dari setiap kota akan mempresentasikan strategi yang digunakan dalam berivestasi pada semifinal yang diselenggarakan 22 Juli 2011 dan final 23 Juli 2011.
Salah satu penilaian mendasar dalam kompetisi ini adalah penggunaan prinsip-prinsip investasi secara benar. Adapun kategori KNPM lainnya adalah kompetisi teori secara online.
Kategori ini untuk menguji pemahaman mahasiswa atas seluk-beluk investasi. Kompetisi ini diselenggarakan awal Juli 2011. Semakin banyak dipahami, jumlah investor domestik semakin banyak. Pasar saham pun semakin stabil.
Saat ini, indeks harga saham gabungan ditutup di 3.597 dan nilai transaksi harian mencapai Rp 4,4 triliun perhari. Adapun nilai kapitalisasi pasar sudah lebih dari Rp 3.000 triliun. PT BEI menargetkan pada 2012 nilai kapitalisasi pasarnya mencapai sekitar Rp 3.200 triliun.

Category: Uncategorized

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*