Blog Komunitas Pasar Modal

Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Blog Komunitas Pasar Modal - Berbagi Pengetahuan dalam Bidang Pasar Modal

Pasar Modal Juga Buat Kita

\"\"

Pasar Modal, hmmm … otak langsung terhubung dengan dunia Perekonomian yang njlimet dipenuhi dengan angka – angka nilai uang, trus memori langsung tergambar ruangan Bursa Efek Jakarta yang dipenuhi dengan orang – orang yang duduk dibelakang komputer sepanjang hari. Setelah berselancar di lautan Google, cari tahu sana sini akhirnya ngerti juga meskipun ngga dalem – dalem amat.

Asal Mulanya . . .

Ternyata asal muasalnya itu sejak abad 19 yaitu pada masa kolonial wong Londo (Belanda) bangun perkebunan di Indonesia dengan sumber dana yang berasal dari Belanda dan Eropa yang pastinya berpenghasilan jauh jauh jauh dan jauh dari masyarakat pribumi. Nah karena inilah pemerintahan kolonial mulai mendirikan Pasar Modal Pertama di Indonesia tepatnya pada tanggal 14 Desember 1912 (jaman mbah buyuuuuutttt) di Batavia (sekarang Jakarta)

Trus . . .

Ya trus, Sebenernya kalau di telaah lagi dari kata – katanya udah jelas, yap Pasar berarti ada penjual ada pembeli dan yang pasti ada barang yang dijual belikan. Kalau Di Pasar Modal yang berperan sebagai Penjual disebut Emiten lebih jelasnya, emiten ini yang menawarkan atau menjual efek kepada masyarakat melalui Pasar modal. Lalu untuk pembelinya sebut saja sebagai investor / masyarakat dan tentang barang yang diperjual belikan itu dapat berupa obligasi (surat hutang), ekuiti (saham) dan instrumen lainnya.

Legal ngga yaa . . .

Yaiyyyyaaaalaa, orang diatur di UUD Pasar Modal No.8 Tahun 1995 isinya tu \”Kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.\”

Anak Muda Bisa ngga . . .

Bisa banget, orang tadi pas lagi browsing di Kompas.com nemuin 7 anak Undip yang patungan buat ikutan Pasar Modal, dengan modal 2,4 juta, mereka dateng ke Kantor Cabang Indo Premier Securities di Semarang buat buka rekening efek. Maklum, mereka ini jurusan Ekonomi jadi mereka mau praktekin teori pasar modal secara nyata. (memang yang namanya ilmu harus dipraktekkan).

Jadi Kesimpulannya . . .
Yang jelas, pasar modal itu punya peran penting buat perekonomian negara karena menjalankan 2 fungsi sekaligus yaitu sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau mendapatkan dana dari masyarakat yang menjadi investor. Nah…dana ini akan digunakan buat pengembangan usaha, penambahan modal kerja, menambah jaringan kerja dan masih banyak lagi. Trus Pasar modal ini berfungsi sebagai sarana masyarakat buat investasi misalnya di saham, obligasi atau reksa dana, dengan demikian kita bisa menempatkan dana yang kita punya sesuai dengan laba atau rugi masing masing instrumen.

Referensi :

Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)
Kompas online

  • Silmina Ulfah says:

    akhirnya dapet juga username dan passwordnya . . . alhamdulillah

    August 9, 2009 at 6:39 pm
  • agam says:

    gileee…
    kereeeeeeeenn si upay bikin artikel..

    August 9, 2009 at 6:47 pm
  • adityas says:

    pasar modal tu produk liberal dan kita smua tau sistem ekonomi liberal itu bikin krisis ekonomi tiap siklus tahunan tertentu yang merupakan kelemahannya.

    mending pake sistem ekonomi syariah,..
    *sotoy bgt dah gw*
    cmiiw

    August 9, 2009 at 6:50 pm
  • Maul says:

    wew….jadi ad sedikit pencerahan nii
    kirain kudu punya modal yg besar bgt wat ikutan pasar Modal…

    Makasih yaaa atas info’a Mpok Upay…xixixi :)

    August 9, 2009 at 7:08 pm
  • silmina says:

    makasi temand

    August 9, 2009 at 9:24 pm
  • ami says:

    thanks infonya

    August 10, 2009 at 7:42 am
  • oces says:

    wah…gud info n gud blog

    August 10, 2009 at 4:02 pm
  • konita says:

    ooo gitu

    August 10, 2009 at 7:48 pm
  • kosasih says:

    kalau untuk hukum dalam pandangan islam bagaimana

    August 14, 2009 at 3:07 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*